5 Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Membantu Meningkatkan Penjualan

5 Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Membantu Meningkatkan Penjualan

Riset pasar adalah alat yang kemungkinan besar pernah Anda dengar, tetapi menerapkan alat berharga yang didukung data ini dalam teknik pemasaran dan penjualan Anda sendiri mungkin merupakan konsep cukup baru.

Riset pasar memiliki potensi untuk memberikan wawasan yang tak ternilai kepada audiens Anda, meningkatkan penawaran produk dan layanan Anda, dan memperkuat reputasi Anda sebagai bisnis yang mengutamakan pelanggan dan berkualitas.

5 Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Membantu Meningkatkan Penjualan

Tetapi melakukan riset pasar terlebih dahulu membutuhkan pemahaman tentang apa itu riset pasar dan apa yang dapat dilakukannya. Kemudian, Anda dapat menerapkan penelitian ini ke dalam praktik terbaik yang dapat meningkatkan penjualan dan memajukan bisnis Anda ke era berbasis data. Inilah yang harus Anda ketahui.

Apa itu Riset Pasar?

Siapapun dapat datang dengan ide bisnis baru atau rencana produk. Apa yang membedakan tim penjualan yang sukses dari setiap pengusaha lain di luar sana adalah kemampuan untuk mempelajari detail seputar perilaku audiens dan kinerja industri.

Riset pasar yang menyeluruh telah menjadi bagian penting dari setiap strategi pemasaran global, tetapi memerlukan penggunaan dan penerapan data besar. Data besar memungkinkan peneliti pasar untuk mengeksplorasi tidak hanya cara pelanggan berinteraksi dengan halaman web dan aplikasi, tetapi juga bagaimana mereka berbelanja, membelanjakan, dan menentukan pembelian berikutnya.

Untungnya, pasar berteknologi tinggi saat ini membuat riset pasar lebih mudah dilakukan daripada sebelumnya. Platform seperti Google Analytics tersedia untuk bisnis secara gratis dan siap memberikan wawasan tentang segala hal mulai dari cara pengguna menemukan konten web Anda hingga tingkat konversi Anda secara keseluruhan. Bahkan jika Anda mengoperasikan tempat bisnis mortir dan bata, riset pasar adalah alat yang berguna untuk menjelajahi metrik bisnis yang bersaing, tren pasar, dan potensi jalan baru untuk jangkauan pemasaran.

Riset pasar yang paling kuat dilakukan oleh analis riset pasar. Para profesional yang sangat terlatih ini berpengalaman dalam menggunakan perangkat lunak dan teknologi baru seperti kecerdasan buatan untuk mengumpulkan data dan mengambil wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang dapat melayani pertumbuhan bisnis.

Seorang peneliti pasar profesional dapat menjadi sumber nilai yang luar biasa untuk bisnis apa pun, tetapi riset pasar dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki ambisi dan pengetahuan. Yang Anda butuhkan hanyalah alat dan tip untuk membantu Anda sukses dan menjelajahi target pasar Anda.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Riset Anda

Ketika berbicara ke riset pasar, langit adalah batasnya. Anda hanya dibatasi oleh seberapa banyak data yang dapat Anda kumpulkan dan seberapa banyak informasi yang dapat Anda temukan melalui layanan data dan informasi publik.

Melakukan penelitian ini paling mudah melalui penggunaan sejumlah alat digital, baik gratis maupun berbayar, serta dukungan karyawan melalui komunikasi data yang jelas. Dengan 5 tips berikut, Anda dapat memaksimalkan riset pasar dan meningkatkan pendapatan bisnis Anda:

  • Gunakan semua sumber daya yang tersedia: Alat analisis data, platform wawasan media sosial, survei pelanggan, analis pasar—semua alat ini dan lainnya tersedia untuk Anda gunakan. Beberapa platform digital seperti Google Analytics dapat dimanfaatkan secara gratis. Sementara itu, alat online gratis lainnya dapat membantu penelitian kata kunci untuk strategi pemasaran konten yang sukses sambil memberi tahu Anda tentang tumpang tindih pasar di mana Anda mungkin dapat Mmperluas cakupan iklan Anda
  • Pelajari pelanggan Anda: Di samping karyawan Anda, pelanggan Anda adalah aset Anda yang paling berharga. Kenali mereka lebih baik melalui analisis pelanggan. Analisis pelanggan adalah proses mengatur dan menganalisis perilaku pelanggan selama hubungan mereka dengan Anda. Prosesnya terdiri dari pengumpulan informasi demografis dan perilaku kemudian menerapkannya pada persona yang secara lebih akurat meringkas audiens target Anda.
  • Perluas cakupan upaya Anda: Jangan membatasi diri Anda pada wawasan yang dihasilkan dari satu platform. Jelajahi gambaran yang lebih luas tentang basis pelanggan dan audiens Anda melalui survei email, grup fokus, data sekunder, dan apa pun yang dapat Anda temukan yang menunjukkan apa yang diinginkan pelanggan dan cara mereka berbelanja. Memperluas cakupan upaya Anda dapat menjadi metode sempurna untuk menghasilkan prospek yang sebelumnya tidak dapat diakses. Ringkas dan komunikasikan informasi dengan tim Anda: Riset pasar hanya sebaik bagaimana penerapannya di seluruh proses bisnis Anda. Tanpa komunikasi yang jelas dan berkualitas yang dibagikan ke seluruh tim Anda mengenai pengungkapan riset pasar Anda, kemampuan Anda untuk mengasah pesan Anda dan meningkatkan penjualan Anda akan terbatas. Terjemahkan data menjadi narator yang dapat diverifikasi dan menarik di sekitar audiens target Anda, dan bagikan kisah ini ke seluruh tim Anda.
  • Jangan pernah berhenti meneliti: Riset pasar seharusnya tidak pernah menjadi usaha yang selesai. Perilaku pelanggan dan tren industri berubah sesering teknologi yang memberdayakan mereka. Pertimbangkan untuk menggunakan layanan data dan ikuti perkembangan berita industri untuk lebih memahami pelanggan dan pesaing Anda.

Alat dan strategi yang bermanfaat seperti ini dapat memperlancar jalannya semua riset pasar dan meningkatkan tingkat penjualan produk dan menghasilkan pendapatan. Riset pasar mengarah ke profil pelanggan sempurna yang membantu Anda menjual produk lebih dari sekadar asumsi dan narasi yang dibuat-buat. Sebaliknya, Anda akan memiliki data untuk mendukung eksplorasi empatik kebutuhan pelanggan. Ini akan membantu Anda menyusun strategi pemasaran yang lebih kuat dan pada gilirannya akan meningkatkan tingkat konversi Anda.

Mengamankan Pendapatan Lebih Tinggi Melalui Data

Riset pasar adalah alat yang sangat berharga yang dapat menjembatani bisnis dan pelanggan mereka. Baik Anda adalah perusahaan B2B atau B2C, wawasan yang dihasilkan oleh data besar dan analis ahli menghasilkan semua jenis proses bisnis yang terinformasi.

Gunakan kekuatan riset pasar untuk menjelajahi pelanggan, industri, pesaing, audiens baru, dan semua jenis data yang berdekatan yang dapat menginformasikan strategi penjualan Anda. Baik Anda menggunakan profesional data pasar yang berpengalaman atau melatih diri Anda dan staf Anda tentang cara memanfaatkan alat ini sebaik-baiknya, Anda dapat memberi bisnis Anda keunggulan yang diperlukan untuk bertahan dari ekonomi pandemi.

Ikuti alat dan strategi ini untuk melakukan riset pasar yang lebih kuat dan perhatikan angka penjualan Anda meningkat.

Artikel menarik lainnya: 3 Cara Menggunakan Data Untuk Meningkatkan Strategi Keterlibatan Pelanggan Anda

Penulis

Web Designer & Developer. Wich also a Content Creator for JujungNet.id. My Facebook id: mugianto1nd

Tezt Dimana